Rahasia Wajah Halus Berseri


Awalnya ketika ibu kehabisan kunyit saat memasak ikan, kemudian memintaku mengambil kunyit di kebun belakang rumah. Karena keasyikan mencongkel kunyit dari dalam tanah, tanpa kusadari kunyit-kunyit itu sudah terkumpul satu ember. Akhirnya ibu sekalian menyuruhku untuk mengambil kunyit putih juga. Jadilah ibu membuatkan minuman tradisional yang berkhasiat dan menyegarkan.

Orang-orang biasa menyebutnya Jamu kunyit Asem, tapi bedanya buatan ibuku ini dicampur dengan kunyit putih atau temu mangga.
Karena aku menyukai rasanya, sampai sekarangpun aku tetap mengkonsumsi minuman jamu tersebut. Selain rasanya yang enak, minuman tersebut dapat mencegah rasa sakit pada saat haid. Dan yang membuatku sangat tercengang, kulitku menjadi halus, begitu juga dengan kulit wajah menjadi bersih, halus, berseri, bahkan jerawat yang biasanya suka mampirpun tak ada lagi. Kulit yang berminyak jadi tidak mengkilap, begitupun kulit yang kering jadi terjaga kelembabannya. Khasiat kunyit selain sebagai anti oksidan dan anti bakteri juga berkhasiat sebagai pembersih darah.

Senang rasanya jika aku bisa berbagi rahasia ini kepada teman-teman. Cara membuatnyapun sangat gampang.

Bahan:
1. 250 gr kunyit orange dan kunyit putih dengan perbandingan 1:1
2. 200 gr gula jawa, potong-potong
3. 2 sdm asam jawa
4. 1.5 lt air
5. sedikit garam

Cara membuat:
1. Cuci kunyit, kemudian iris tipis-tipis.
2. Rendam dengan air mendidih, biarkan hingga dingin.
3. Buang air rendaman, kemudian blender dengan air, saring.
4. Rebus dengan sisa air, tambahkan gula jawa, asam, garam hingga mendidih.
5. Angkat, dinginkan, kemudian saring kembali.
6. Endapkan, dan minum bagian yang bening saja.

Minum hangat, atau dingin (disimpan dalam lemari es) juga nikmat.
Minum sehari 2 kali 1 gelas setiap hari selama 1 bulan untuk wajah yang berjerawat, setelah itu 1 minggu 2 kali untuk mempertahankan kebersihan wajah. Pada saat haid bisa diminum 3 hari menjelang, pada saat dan 3 hari sesudah untuk mencegah rasa sakit dan pegal-pegal.

Untuk hasil maksimal, selain minum jamu tersebut,ritual membersihkan wajah secara rutin juga jangan sampai terlewatkan. Banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit dan  kesehatan.
Gampang dan murah bukan..

0 komentar:

Posting Komentar